Just another WordPress.com site

IOS (interorganizational system / system antar organisasi) disebut juga system informasi antar-organisasi adalah Suatu kombinasi perusahaan yang terkait sehingga mereka berfungsi sebagai satu sistem tungal; yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Di sebut juga mintra dagang atau mitra bisnis.

manfaat IOS

  1. Efisiensi komperatif

Dengan bergabung dalam IOS para mitra dagang dapat menyediakan barang dan jasa mereka   dengan biaya yang lebih murah dari pesaing mereka.

Efisiensi komperatif  teerbagi menjadi dua

  1. Efisiensi inernal ; terdiri dari perbaikan-perbaikan dalam operasi perusahaan itu sendiri, sehingga memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan data lebih cepat, menganalisa dan membuat keputusan lebih cepat.
  2. Efisiensi antar organisasi ; mencangkup perbaikan-perbaikan yang diperoleh melalui kerjasama dengan perusahaan lain.
  1. Kekuatan tawar menawar

Kemampuan suatu perusahaan untuk menyelesaikan perselisiahandengan pemasok dan pelangganya yang menguntungkan dirinya disebut kekuatan tawar-menawar.

Tiga metode dasar

  1.  Keistemewaan produk yang unik ;nmenawarkan pelayanan yang lebih baik bagi pelanggan dalam bentuk pemesanan yang lebih mudah, pengiriman lebih cepat, dan waktu respons atas permintaan informasi yang lebih cepat.
  2. Penurunan biaya yang berhubungan dengan pencarian ; perusahaan dapat mengurangi biaya belanja yang dialami pelanggannya dalam mencari pemasok, menggidentifikasi produk dan mendapatkan harga terendah.
  3. Peningkatan biaya peralihan ; memberikan bagi pelanggan sumberdaya informasi seperti peranggkat keras, perangkat lunak dan saluran komunikasi data.

Tinggalkan komentar